Desember 05, 2011

Perahu Phinisi Raksasa akan Diluncurkan di Bulukumba

Tribunnews.com - Senin, 7 November 2011 08:37 WIB
 





Kapal Phinisi buatan orang Bugis yang terkenal sejak dulu kala dipakai untuk menjelajah dunia.

 TRIBUNNEWS.COM, BULUKUMBA - Warga Tanaberu Kabupaten Bulukumba, akan mencatat sejarah baru dalam pembuatan perahu Phinisi. Besok malam, pengrajin perahu Phinisi di daerah itu akan meluncurkan sebuah perahu phinisi dengan ukuran yang jauh lebih besar dari biasanya.
Kali ini, perahu yang akan diluncurkan berukuran panjang 50 meter dan lebar sembilan meter. Ini adalah perahu dengan ukuran terpanjang dan terlebar yang pernah dibuat oleh masyarakat Tanaberu, Buluumba, selama ini.
Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Andi Nasaruddin Gau, mengatakan, perahu yang dibuat Muslim Baso ini, rencananya akan diekspor ke Polandia. Seorang pengusaha di negeri tersebut telah memesan perahu Phinisi dengan ukuran seperti itu.
Para pengrajin perahu Phinisi di Bulukumba telah beberapa kali memasarkan perahu phinisi ke luar negeri. Negara yang menjadi pasar mereka adalah Singapura, Papua Nugini, Polandia, Australia, Perancis, Jerman, dan negara-negara Eropa lainnya.
Nasaruddin menjelaskan, kendala utama yang dihadapi para pengrajin saat ini adalah masalah bahan baku pembuatan perahu. Bahan baku kayu selama ini didatangkan dari Kalimantan. Kebijakan pemerintah yang membatasi pengadaan kayu dari Kalimantan membuat banyak pengrajin perahu yang pindah ke Kalimantan, Papua, dan Kendari, Sulawesi Tenggara.
"Kalau mereka pindah, jelas yang dirugikan adalah Bulukumba sendiri karena kehilangan orang-orang potensial," kata Nasaruddin. Karena itu,Nasaruddin berharap Pemprov Sulsel turun tangan mencari solusi agar pengrajin Phinisi di Bulukumba tidak punah. (*)

Editor: Harismanto  |  Sumber: Tribun Timur
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

1 komentar:

  1. The Best Online Casino Site
    Choices in online gaming range from slot machines to live 홈 카지노 dealer games. Choose from hundreds of different slots to have the fun of playing online for real money.

    BalasHapus